Friday, August 3, 2012

ramadhan, sebagai bulan evaluasi dan peningkatan kualitas diri

alhamdulilah hingga hari ini saya masih bisa melaksanakan ibadah puasa, dan semoga Allah tetap memberiku kesempatan baik berupa umur panjang, kesehatan, dan kemampuan sehingga saya bisa melaksanakan ibadah puasa ini hingga selesai.

dan yang paling penting dari bulan ramadhan ini adalah dampak dan efek dari bulan puasa, maksudnya adalah kita seharusnya rajin melaksanakan segala ibadah bukan hanya dibulan puasa saja. seteah bulan puasa selesai seharusnya kita sudah mengalami perubahan dan kemajuan dalam beribadah kepada Allah dan dalam berhubungan dan bersosial terhadap sesama. sehingga puasa akan membawa dampak yang positif dan senantiasa membawa perubahan yang lebih baik dari tahun ke tahun, sehingga kita akan selalu mengalami peningkataan kualitas takwa kita kepada Allah. 
namun terkadang masih banyak yang hanya rajin beribadah hanya semasa bulan ramadhan saja setelah ramadhan selesai maka selesai pula ibadahnya, sehingga tidak membawa dampak dan pengaruh yang signifikan terhadap tingkatan takwa kita. seolah olah puasa itu hanya sebagai ajang bertobat saja namun setelah puasa selesai maksiat jalan lagi, lalu apa arti puasa jika tidak membawa pengaruh kepada kita? ini yang perlu kita renungi.
terkadang saya juga prihatin jika melihat para remaja dengan bangga dan tanpa malu malu merokok atau makan diwarung disiang hari disaat orang lain berpuasa, ini menunjukan bahwa adanya pergeseran pergeseran etika dan moral sehingga menganggap bulan puasa adalah bulan puasa bagi yang mau puasa tanpa menghormati dan menghargai orang lain yang sedang berpuasa.
maka mulai saat ini marilah kita renungkan bersama bahwa bulan ramadhan adalah diantaranya berfungsi untuk mengevaluasi diri kita apa saja yang telah kita lakukan diwaktu yang lalu dan marilah kita perbaiki kesalahan kesalahan yang telah terjadi, sehingga kualitas iman dan takwa kita akan meningkat dari tahun ke tahun.
semoga bermanfaat.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment