Saturday, August 11, 2012

hiburan yang berkualitas mempengaruhi perilaku dan karakter

apa yang biasa lihat dan dengar pasti akan mempengaruhi memori kita, dan ada juga yang menjadikan sesuatu yang mereka lihat dan dengar adalah suatu acuan dan patokan bahwa itu hal yang benar dan perlu ditiru. itulah yang terjadi pada anak anak kita semasa masih balita hingga dewasa. mereka meniru kebiasaan kebiasaan yang setiap hari ia lihat terlepas dari apakah itu benar atau salah. sehingga semua butuh bimbingan dari para orang tua.

maka dari itu orang tua memiliki peranan yang sangat besar dalam membentuk karakter dan perilaku sang anak. kita tentu sering mendengar lagu lagu yang hanya mementingkan sisi komersil saja dan berisi kata kata yang kurang memiliki makna atau mutu, dan bahkan lebih mengedepankan goyangan daripada isi dari lagu yang dibawa itu.
dan selain lagu ada juga film atau sinetron yang mempertontonkan penampilan dan gaya hidup yang kurang mendidik sehingga sipenonton bisa terbawa dengan apa yang ditonton itu. sebagai contoh dalam suatu sinetron yang menampilkan siswa SMA, dalam menampilkan gaya berpakaian hanya menonjolkan mode saja tanpa menunjukan dan memberi contoh tata cara dan batas batas mana yang sebenarnya boleh dipakai dan bagaimana yang tidak boleh dipakai dilingkungan sekolah, sehingga sipenonton khususnya yang seusia dan setara dengan peran yang ditonton yaitu usia SMA bisa saja terbawa dan menirunya.
sehingga diperlukan adanya bimbingan dari orangtua dan tentunya dukungan pemerintah yang seharusnya lebih peka terhadap maraknya hiburan hiburan yang banyak membawa pengaruh negatif terhadap perkembangan anak anak kita.sehingga dengan adanya bimbingan dan kontrol maka generasi kita akan menjadi generasi yang memiliki kualitas dan karakter yang positif sehingga dimasa depan akan membawa negara kita kepada kemajuan dan kesejahteraan. amin.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment