Thursday, August 30, 2012

pendidikan bukan sekedar prestasi akademik saja

semua orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang cerdas, pintar dan memiliki nilai tinggi disekolahnya. tapi apakah semua anak harus cerdas dan pintar? tentu kemampuan kecerdasan masing masing anak berbeda beda sehingga tidak perlu dipaksakan, namun tentu harus diusahakan. dan jika memang cerdas maka dengan sendirinya sianak akan menunjukan kecerdasanya, disamping harus diarahkan juga dengan baik. tapi apakah nilai akademik adalah yang terpenting dalam pendidikan anak kita? 

menurut saya ada yang lebih penting dari sekedar sebuah nilai akademik yang tinggi, yaitu pembentukan karakter, etika, moral, dan budi pekerti, dan itulah yang perlu kita tanamkan kepada setiap generasi kita yang tentunya jika beberapa hal tersebut sudah tertanam dengan baik maka mereka akan menjadi pribadi yang tangguh dan berkualitas dan tentunya akan berpengaruh terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara kita secara umum kelak dikemudian hari.
namun patut disayangkan dinegeri ini sepertinya justru pembelajaran mengenai etika moral dan budi pekerti sepertinya hampir terlupakan.kecerdasan dan memperoleh prestasi nilai akademik memang penting tapi bagaimana jika kelak mereka menjadi orang yang pandai namun tidak diimbangi dengan moral yang tinggi, budi pekerti yang baik, mau dikemanakan kepandaianya? akan sangat memprihatinkan jika sewaktu disekolah mereka berprestasi namun karena kurangnya pembelajaran etika moral maka dikemudian hari justru prestasi dan kepintaranya tidak dimanfaatkan untuk kepentingan umum atau bangsa dan negaranya.
sekarangpun kita sudah melihat sendiri perubahan perubahan dan pergeseran pergeseran moral yang sudah terjadi disemua kalangan kalangan diantaranya perilaku para remaja kita yang sudah cukup menghawatirkan, korupsi merajalela dan sebagainya. dan para orangtua seharusnya sadar akan hal ini dan jangan menganggap situasi ini adalah hal yang remeh, situasi ini adalah hal yang sudah genting yang bisa berakibat fatal terhadap generasi kita sekarang maupun dimasa mendatang.
maka mulai sekarang marilah kita berbenah diri dan evaluasi serta memperbaiki segala kekurangan dan kesalahkaprahan yang sudah terjadi, agar tidak menyesal dikemudian hari.
semoga bermanfaat.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment