Tuesday, August 7, 2012

wujud kasih sayang antara ibu dan ayah yang berbeda namun saling melengkapi

semua orang pasti punya ibu dan ibu adalah segalanya bagi kita, karena sejak kita ada dikandungan ibulah yang paling menanggung semua beban hingga kita lahir dan sampai sekarang. kasih ibu benar benar sepanjang masa dan tak bisa kita menggantinya dengan apapun yang hanya bisa kita lakukan adalah mengabdi dan memberikan yang terbaik untuk ibu kita tercinta.
namun jangan lupa bahwa selain ibu kita, juga ada ayah yang tidak kalah besar pengorbananya untuk kita. dan rasa kasih sayang ayah terkadang terabaikan karena pengungkapan rasa kasih sayang dan pengorbanan sang ayah berbeda dengan ibu. jika ibu lebih menunjukan kelembutan dan rasa sayang namun sang ayah tidak diwujudkan secara langsung didepan mata kita, namun sebenarnya didalam hati sang ayah pun menyimpan rasa sayang yang amat besar. semua itu dilakukan sang ayah semata mata agar kita kelak menjadi orang yang kuat dan mandiri sehingga tidak terlalu menunjukan kehalusan dan "cengeng".
sejak dalam kandungan sang ayah betapa besar perhatianya terhadap sang ibu, terlebih disaat sang ibu meminta sesuatu dan umumnya makanan (nyidam) dan yang diminta tersebut bukan pada waktu yang tepat dan sulit dicari, namun dengan berbagai cara sang ayah rela mencari kemanapun, dan ketika melahirkan sang ayah selalu mendampingi ibu hingga proses melahirkan selesai.
dan diwaktu ibu mengurus kita dirumah sang ayah rela bekerja keras membanting tulang untuk menafkahi kita, apakah kita tahu?, sehingga kita bisa makan, sekolah, dan beli jajan, itu semua berkat pengorbanan sang ayah, dan jika sang anak terjatuh atau terluka sebenarnya sang ayah merasakan iba dan ingin meneteskan air matanya, namun ia lebih memilih untuk menahanya agar sang anak lebih tegar dan kuat dalam menghadapi hidupnya kelak. 
dan ketika kita beranjak dewasa dan hendak meninggalkan rumah untuk merantau sang ibu menangis dan memeluk kita dengan penuh rasa sayang seakan tidak rela anaknya pergi jauh, namun sang ayah hanya tersenyum dan bersalaman serta berpesan kepada kita untuk hati hati dan jaga diri,  dan dalam hatinyapun sebenarnya tidak rela untuk berpisah, namun itu semua demi kebaikan kita dimasa depan.ia tetap menunjukan sikap yang kuat dan tidak cengeng.
itulah perbedaan dua sisi kasih sayang yang betapa sempurnanya diberikan oleh kedua orangtua kita dan diwujudkan dalam bentuk yang berbeda sehingga saling melengkapi dan membentuk diri kita menjadi sosok yang kuat dalam menghadapi hidup ini, namun tetap memiliki rasa kasih dan sayang yang tulus.maka bersyukurlah bagi yang masih bisa bertemu dan berkumpul dengan kedua orang tua, berikanlah pengabdian yang terbaik kepada mereka.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment